Like This Blog !!!

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
Sabtu, 01 Oktober 2011

All About Heavy Equipment Engineering POLNES



Latar Belakang


Program Studi Alat Berat di Jurusan Teknik Mesin adalah program kerjasama Antara Politeknik Negeri Jakarta dan PT.Trakindo Utama dan dapat dukungan dari perusahaan alat berat di Amerika (Caterpillar). Pada awal bedirinya di Indonesia belum ada pendidikan Politeknik yang mengkhususkan diri pada bidang Alat Berat, dari kesepakatan bersama dibukalah program studi Alat Berat di Politeknik Negeri Jakarta dengan pengesahan dari Dirjen DIKTI pada tanggal 28 September 2001.



Program Studi Alat Berat yang dibuka pada jenjang DIII Politeknik, mempunyai kompetensi keahlian setingkat General Technician 2 di industri Alat Berat. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang ahli di bidang alat berat, Lulusan program studi ini dipersiapkan untuk bisa bekerja di Industri alat berat atau industri yang menggunakan alat berat di tingkat Nasional dan Internasional, sehingga alumni dari program studi ini dapat bekerja di seluruh dunia. Dalam mewujudkan cita-cita ini, maka kurikulum dibuat berstandard Internasional yang lebih banyak mengacu kepada industri alat berat di Amerika (Caterpillar).



Visi
“Menjadi Politeknik Unggulan Bertaraf Internasional dalam bidang Alat Berat”



Misi
- Menghasilkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Menjadikan institusi pendidikan vokasi yang berperan aktif dalam meningkatkan keahlian dan ketrampilan yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi Alat Berat.
- Menghasilkan tenaga trampil berkualitas, berjiwa wira usaha, mandiri, berbudaya dan berwawasan lingkungan serta mampu bersaing ditingkat Internasional dibidang Alat Berat.
- Meningkatkan kemampuan penciptaan karya nyata di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi terapan yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan atau Internasional.

Tujuan pendidikan program studi.
- Menghasilkan lulusan ahli madya di bidang teknik Alat Berat
- Menghasilkan lulusan yang siap mengikuti perkembangan di bidang teknologi industri Alat Berat
- Menghasilkan lulusan yang siap berkompetisi di bidang teknologi Alat Berat.
- Mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki program studi.

Penjelasan :

Maksud dari tujuan program studi diatas adalah :

Kebutuhan akan lulusan ahli madya di bidang teknologi Alat Berat cukup besar.
Teknologi di dunia industri Alat Berat terus berkembang sehingga menuntut program studi yang handal untuk mempersiapkan lulusan yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi tersebut, maka program pendidikan diarahkan pada dasar-dasar pengetahuan dan ketrampilan yang diharapkan dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada.
Lulusan juga dibekali dengan kemampuan merancang, dengan demikian diharapkan akan menghasilkan teknologi tepat guna di bidang Industri Alat Berat yang dapat membantu memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat.
Program studi mempunyai tanggung jawab meningkatkan kapasitas SDM yang dimiliki, untuk meningkatkan kualitas institusi dan lulusan yang dihasilkan. Peningkatan SDM ini dilakukan dengan cara mengirim tenaga pengajar dan laboran/teknisi mengikuti studi maupun pelatihan yang dilanjutkan dengan pengadaan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan.


Program Studi TEKNIK MESIN



KONSENTRASI TEKNIK ALAT BERAT

Kosentrasi Teknik Alat Berat Program Studi Teknik Mesin adalah program kerjasama antara Politeknik Negeri Samarinda dengan PT.Trakindo Utama dan dapat dukungan dari perusahaan alat berat Amerika (Caterpillar). Pada awal berdirinya di Indonesia belum ada pendidikan Politeknik yang mengkhususkan diri pada bidang Alat Berat.Dari kesepakatan bersama dibukalah Kosentrasi Teknik Alat Berat di Politeknik Negeri Samarinda. Program Studi Alat Berat yang dibuka pada jenjang DIII Politeknik, mempunyai kompetensi keahlian setingkat General Technician 2 di industri Alat Berat.Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang ahli di bidang alat berat, Lulusan program studi ini dipersiapkan untuk bisa bekerja di Industri alat berat atau industri yang menggunakan alat berat di tingkat Nasional dan Internasional.





Kerjasama yang telah dijalankan selama ini adalah:

* perencanaan, penelitian dan pengembangan dibidang alat berat,

* pengembangan program studi alat berat,

* pembuatan kurikulum, silabus, Satuan Acara Perkuliahan, pembuatan materi ajar,

* penggunaan fasilitas PT.Trakindo Utama untuk pendidikan,

* bantuan peralatan dari PT.Trakindo Utama ke Politeknik,

* bantuan dosen dari PT.Trakindo Utama

* pelatihan dosen Politeknik Negeri Samarinda di PT.Trakindo Utama.


KOMPETENSI:

* Dapat menggunakan service manual, parts book, hand tools, alat ukur dimensi dan tekanan, AVO meter,

alat angkat dan block, special tools dasar, maintenance aids

* Mampu mempraktekkan safety, Contamination Control (CC), membuat perencanaan dan laporan pekerjaan

* Mampu melepas & memasang kembali (R & I) Komponen Engine

* Mampu membongkar & merakit kembali (D & A) Komponen Engine

* Mampu melakukan pemeliharaan engine alat berat s/d 2000 jam

* Dapat melakukan Engine performance test

* Dapat melakukan Troubleshooting sederhana



SEKTOR PENEMPATAN

* Oil and Gas,Contruction,

* Forestry,

* National Mining,

* Industry and Manufacture,

* Building and service,

* Transportation

0 komentar: